Breaking News

PATROLI GABUNGAN SIAGA KETERTIBAN UMUM DAN PENGAWASAN PKL DI KOTA PALANGKA RAYA

Kegiatan Gabungan Siaga Ketertiban Umum dan Piket Bidang dengan melakukan patroli dan pengamanan Objek Vital Kawasan Bebas Pedagang Kaki Lima serta Pengaduan Masyarakat dalam rangka Pelayanan Publik di wilayah Kota Palangka Raya (Senin/13 Juni 2021).

Petugas memberikan himbauan kepada PKL yang berjualan di sepanjang jalan G. Obos XII (Dok.PolPP/2021).

Adapun Dasar Hukum dari kegiatan ini adalah :

  1. Perda Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pengaturan, Penertiban Dan Pengawasan Pedagang Kaki Lima
  2. Perda Nomor 9 tahun 2012 tentang penanganan gelandangan, pengemis, tunawisma dan anak jalanan
  3. Perda No 4 Tahun 2013 tentang Peraturan, Penertiban dan Pengawasan Pedagang Kreatif Lapangan
  4. Perda Nomor 10 Tahun 2014 tentang perubahan atas Perda Kota Palangka Raya Nomor 4 Tahun 2012 tentang Pajak dan Reklame
  5. Perwali Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Penerapan disiplin, penegakan hukum protokol kesehatan dan pemulihan perekonomian.

Petugas memberikan teguran lisan serta mendata identitas PKL dengan cara humanis (Dok.PolPP/2021).

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan masih banyak sekali dijumpai pedagang yang tidak mematuhi peraturan yang telah ditetapkan, seperti berjualan di atas trotoar, bahu jalan dan di atas parit/drainase.

Hal inilah yang mendorong petugas melakukan patroli dan pengawasan setiap hari termasuk hari libur untuk mencegah menjamurnya pedagang yang berjualan di lokasi yang di larang sesuai dengan Perda Kota Palangka Raya. Selain itu juga, diamankan 2 (dua) buah spanduk yang di pasang bukan pada tempatnya (Jembatan Kahayan) serta tidak memiliki ijin resmi dari dinas terkait.

Petugas melepas spanduk yang di pasang di jembatan kahayan untuk diamankan di Mako SATPOL PP Kota Palangka Raya (Dok.PolPP/2021).

Komentar