Breaking News

PATROLI DAN PENGAWASAN KARHUTLA DI WILAYAH KOTA PALANGKA RAYA

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya khususnya Bidang Perlindungan Masyarakat (LINMAS) melakukan patroli pengawasan lokasi-lokasi yang rawan akan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) di Wilayah Kota Palangka Raya (Selasa/27/04/2021).

Tujuan dari patroli pengawasan ini adalah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan seperti tahun-tahun sebelumnya yang menyebabkan polusi udara akibat dari kabut asap yang berdampak pada rusaknya ekosistem hutan, gangguan kesehatan (ISPA) dan lumpuhnya perekonomian.

Petugas berusaha memadamkan kebakaran lahan dengan peralatan seadanya beberapa waktu yang lalu (Dok.PolPP/2021).

Pembakaran hutan dan lahan masih saja terjadi, hal ini karena kurangnya kesadaran dari masyarakat yang secara sengaja melakukan pembakaran. Oleh sebab itu petugas secara rutin melakukan sosialisasi dengan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan karena sekarang sudah memasuki musim kemarau yang mana tekstur tanah gambut sangat mudah sekali terbakar. Selain itu juga ada sanksi pidana bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan sesuai dengan Maklumat Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Nomor. Mak/01/11/2021 Tentang Sanksi Pidana terhadap Pembakaran Hutan dan Lahan.

Kasi Data dan Informasi, Pranoto, S. Sos saat memberikan himbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran lahan (Dok.PolPP/2021).

 

 

Komentar